3 Keuntungan Membawa Masuk Investor Dari Luar

moneytree seed

Pemodal dari luar. seperti Venture capital (VC) dan private equity fund (PE), sebenarnya punya manfaat lebih dari sekedar penyuntik modal saja. Selain uang, berikut ini adalah tiga hal yang bisa Anda manfaatkan dari mereka untuk membantu perusahaan Anda. Apa saja itu?

Kendala yang dihadapi usaha kecil pada umumnya sama saja, kalau tidak permodalan ya pemasaran. Untuk masalah permodalan, zaman sekarang semakin banyak pilihan solusinya, di antaranya adalah dengan menggandeng lembaga permodalan non-bank, seperti VC (venture capital, atau perusahaan permodalan ventura), atau bisa juga memilih PE (private equity fund, atau perusahaan pengelola investasi). Mereka berdua pada dasarnya sama saja, mencari bisnis-bisnis yang bisa mereka tanamkan modal mereka, (biasanya) dengan imbalan berupa persentase kepemilikan, atau bisa juga dalam bentuk lain sesuai kesepakatan kedua pihak.

Tentu keputusan membagi kepemilikan dengan investor luar ada positif dan negatifnya. Asal tahu saja, tidak semua pebisnis menyukai pilihan ini, karena dengan masuknya pemilik baru berarti Anda tidak sepenuhnya memegang kontrol atas perusahaan Anda. Namun ada juga nilai positif yang bisa Anda manfaatkan dari lembaga ini, seperti yang diungkapkan Shazi Visram, pendiri brand makanan bayi premium Happy Family sekaligus kontributor majalah Inc., berikut ini (dikutip dari Inc 19/03/2013):

Walaupun saya tidak melibatkan lembaga permodalan untuk membesarkan Happy Family, namun saya sering mempertimbangkan pilihan permodalan ini dengan serius. Jujur saja, sudah berulang kali saya hampir meneken kesepakatan dengan PE ketika saya sudah tidak bisa menemukan cara lain untuk mendapat suntikan modal. Berikut ini tiga manfaat lain (selain modal) yang bisa Anda dapatkan dari lembaga permodalan:

1. Relasi dan Jejaring Bisnis
VC dan PE punya banyak relasi dan jejaring dengan orang-orang yang bisa berguna bagi Anda. Hubungan ini bisa sangat berguna bagi Anda dan mampu mendorong bisnis Anda dengan cara yang tidak bisa Anda lakukan sendiri. Hubungan ini adalah sebuah hasil alami dari bidang bisnis VC itu sendiri: Mereka berinvestasi pada perusahaan kecil agar mereka bisa berkembang, dan mereka juga melakukannya pada individu yang mereka kenal dan percayai.

Dan hampir selalu hubungan ini memberi dampak positif. Misalnya, dengan bantuan VC, sebuah perusahaan kecil yang dimodali oleh VC bisa mengakses pemilik sebuah jaringan supermarket secara langsung. Dengan adanya hubungan baik antara VC dengan sang pemilik supermarket, perusahaan kecil ini bisa mendapat rak yang paling strategis, memberi brand kecil tersebut keunggulan kompetitif dari brand lainnya. Perusahaan saya, Happy Familoy, tidak punya dukungan seperti ini. Proses untuk mendapatkan tempat itu bisa jauh lebih cepat bila kami bekerjasama dengan VC.

2. Pengalaman
VC tahu apa yang harus mereka lakukan. Mereka tahu mana yang benar dan yang salah karena mereka pernah menerapkannya pada banyak bisnis sebelumnya. Sebagai entrepreneur, Anda pasti berpikir bahwa bisnis Anda punya keistimewaan, bahwa bisnis Anda berbeda dari yang lainnya; tapi tidak peduli seberapa spesial produk atau layanan Anda, VC atau PE lainnya memandang perusahaan Anda sama seperti bisnis-bisnis lainnya yang harus tumbuh, permasalahan lain yang harus diselesaikan. Karena mereka sudah melihat sepak terjang sejumlah bisnis di bawah bimbingan mereka, maka mereka punya kemampuan untuk mengidentifikasi suatu pola kesuksesan (yang sering tidak Anda sadari) dan mengaplikasikan pola tersebut pada bisnis Anda. Pengalaman adalah hal yang sangat bernilai, dan kemampuan untuk mengaplikasikannya pada bisnis Anda lah yang akan membuat bisnis Anda tumbuh dengan baik.

3. Dorongan yang kuat untuk meraih sukses
VC dan PE 100% didedikasikan untuk melihat Anda sukses karena dengan cara itulah mereka hidup dan mendapatkan keuntungan. Pada akhirnya, uang adalah tujuan akhir mereka, dan mereka ada di sana untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan keuntungan pada investasi mereka. Target finansial ini memberi Anda, sang entrepreneur, sebuah pendekatan yang sangat disiplin dan terfokus untuk mengambil keputusan yang paling menguntungkan setiap saat. Tentu saja bila Anda meneken kesepakatan dengan VC/PE, artinya Anda sudah melepaskan sejumlah kewenangan Anda atas nama keamanan fiskal; tapi di sisi lain hal tersebut juga berarti bahwa  Anda sudah memastikan bisnis Anda memiliki sebuah jaring pengaman yang kuat untuk menjaganya meneruskan pertumbuhan.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s