Menantang Kompetitor Raksasa? Lakukan 3 Langkah Ini!

david vs goliath

Bila tiba waktunya bertempur melawan kompetitor bermodal besar, jangan pesimis. Ingatlah bahwa Daud bisa mengalahkan Jaluth (Goliath), bahkan masih segar di ingatan kita Samsung meremukkan Nokia. Apa yang harus Anda lakukan untuk mengikuti jejak mereka?

Kita para pengusaha kecil atau start-up pasti langsung resah dengan masa depan bisnis kita bila mendapati adanya kompetitor yang jauh lebih kuat dari segi keuangannya. Memang tidak bisa dipungkiri dengan modal yang berlimpah siapapun bisa berbuat lebih banyak untuk merebut dan menguasai pasar. Tetapi apakah benar-benar tidak ada cara untuk menjungkalkan mereka?

Berhentilah merisaukan raksasa yang gemuk dan tidak gesit itu. Mereka tidak akan pernah benar-benar mengusik anda bila Anda bisa menemukan kekuatan Anda dan kelemahan mereka. Mari bermain dengan cara yang lebih “smart”, lakukan 3 strategi ini:

1. Jadilah UNIK
Kalau istilah unik terlalu sulit bagi anda, setidaknya jadilah “berbeda” dari kompetitor anda. Harus ada yang unik: dari perusahaan Anda, cara menjual Anda, dan terutama produk Anda; supaya orang tertarik dan memperhatikan produk Anda. Tidak hanya itu, dengan menjadi unik maka Anda menciptakan medan baru di mana hanya ada Anda seorang diri yang bermain di sana, setidaknya untuk sementara sebelum ada pesaing mengikuti langkah Anda.

Cara ini pernah ditunjukkan dengan cerdas oleh kaos Joger. Di tengah tantangan bisnis fashion yang memerlukan modal besar untuk mendistribusikan produknya, Joger dengan jeli melihat celah yang sukses menahbiskan mereka sebagai ikon Bali. Bukannya mendistribusikan kaos mereka ke luar Bali dan bermain di kota-kota besar lainnya, mereka memilih untuk fokus menggarap pasar lokal mengandalkan kaosnya yang mengekspos Pulau Bali dengan cara yang jenaka. Di saat H&R dan C-51 tenggelam, Joger malah semakin berkibar.

2. Manfaatkan Kelemahan Raksasa
Daripada pusing-pusing memikirkan apa yang kompetitor anda lakukan (dan tidak bisa anda lakukan), lebih baik temukan apa yang bisa anda lakukan namun kompetitor anda tidak mampu melakukannya.

Taktik inilah yang mengantarkan bisnis franchise Mister Burger dalam menyiasati kekuatan modal McDonald yang luar biasa itu. Menyadari bahwa produk McDonald tidak bisa menjangkau konsumen kelas menengah ke bawah, Mister Burger berinovasi dengan menjemput segmen pasar menengah ke bawah melalui strategi burger kaki lima dengan harga yang bisa dijangkau pelajar. Sekarang bisa dilihat hasilnya, Mister Burger bisa jadi merupakan satu-satunya franchise burger kaki lima yang brand image nya paling kuat di tengah-tengah masyarakat. Mister Burger tetap riang, McDonald senang.

3. Fokus Pada Nilai Tambah Bisnis Anda
Dengan memaksimalkan nilai tambah, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal, di samping juga menghemat tenaga. Jangan pernah berusaha menjual sesuatu yang tidak Anda miliki. Sebaliknya, juallah sesuatu yang paling Anda kuasai.

Contoh paling nyata dalam penerapan strategi ini adalah China. China memiliki jumlah penduduk (baca: tenaga kerja) yang berlimpah dan mau digaji lebih murah dari penduduk negara maju. Bagi China, inilah nilai tambah mereka. Di samping itu, China paham betul bahwa setiap pengusaha dan investor menghendaki biaya produksi yang paling murah, lalu China mencoba memanfaatkan celah itu. Hasilnya? Sekarang China dikagumi berkat kesuksesannya dalam waktu singkat mengundang para investor dan industri-industri multinasional berbondong-bondong memindahkan basis produksinya ke sana dengan iming-iming upah tenaga kerja yang sangat kompetitif.

Sekarang, berhentilah menjadi perusahaan lain, lebih baik menjadikan perusahaan Anda menjadi dirinya sendiri. Memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang telah dimiliki oleh perusahaan anda. Cara ini akan menghindarkan anda dari pengeluaran yang tidak perlu dan hasilnya akan jauh lebih terasa.

Lukman S., technopreneur dan pemerhati kewirausahaan Indonesia.

2 thoughts on “Menantang Kompetitor Raksasa? Lakukan 3 Langkah Ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s