Tinggalkan Prinsip Marketing Yang Sudah Usang Ini!

trapped

Memang banyak brand -brand legendaris yang sukses dibangun dengan cara-cara marketing yang sudah kuno ini. Namun ketika brand yang baru merangkak ikut menerapkannya, bukan kesuksesan yang mereka dapat, melainkan nestapa. Mengapa?

Bila Anda berpikir dunia marketing saat ini masih sama seperti 20 atau bahkan 10 tahun yang lalu, Anda benar-benar keliru. Alasannya sederhana, Apa yang berlaku saat ini adalah kebalikan dari apa yang berlaku di masa lalu. Supaya Anda tidak salah melangkah, simak ulasan Geoffrey James mengenai prinsip-prinsip marketing yang sudah ketinggalan zaman ini supaya Anda tidak salah langkah, dikutip dari Inc (17/03/3013):

Prinsip Lama
Prinsip-prinsip marketing yang sudah kuno ini sampai sekarang masih diajarkan oleh sebagian besar sekolah bisnis, dan digunakan oleh sebagian besar perusahaan. Dan banyak di antara mereka sedang berjuang mati-matian..

  1. Ciptakan sebuah produk yang punya daya tarik luas bagi sejumlah besar konsumen atau pembeli
  2. Jangkau audiens sebanyak mungkin dengan sebuah pesan yang mampu menarik banyak konsumen
  3. Ciptakan nama brand yang mudah dicerna yang dapat diperluas penggunaannya pada produk-produk lain yang berbeda kategori.

Setelah aturan-aturan lama ini terbukti sukses mengantarkan sejumlah perusahaan seperti Sony dan Coke membangun brand yang kuat, kini tipe “broadcast marketing” seperti ini tidak mampu berbuat apa-apa lagi, karena:

  1. Internet dan pertumbuhan saluran media telah memecah-mecah konsumen dan pembeli ke dalam kelompok-kelompok kecil, yang masing-masing kelompok memiliki minat dan karakteristik sendiri-sendiri
  2. Pesan yang bertujuan menarik konsumen dan pembeli ini harus disesuaikan dan dipersempit fokusnya supaya meningkatkan perhatian.
  3. Perluasan penggunaan brand dan pesannya sudah terlalu sering sehingga konsumen dan pembeli dengan mudah mengabaikannya.

Dengan kata lain, apa yang terjadi pada Coke dulu tidak akan terjadi pada Anda saat ini. Lalu apa yang bisa Anda lakukan saat ini? Tentu saja ada prinsip-prinsip marketing baru yang harus Anda pahami.

Dapatkan jawabannya di Tren Baru Dunia Marketing, Siapkah Anda Menghadapinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s