Ingin Menjadi Perusahaan Kelas Dunia? Start-up Wajib Menerapkan 10 Prinsip Ini

Business Graph with arrow and coins showing profits and gains

Untuk memastikan kesuksesan start-up Anda, Anda harus punya 10 hal ini. Apa saja?

Michael E. Gerber, pebisnis legendaris Amerika sekaligus kontributor majalah Inc., meyakini, bila sebuah bisnis kecil menerapkan 10 prinsip ini sepenuhnya, kesuksesan kelas dunia akan menghampiri mereka. Nah, mengingat yang mengatakannya adalah seorang leganda hidup yang sangat disegani di dunia kewirausahaan Amerika (sekedar informasi, ia terlibat dalam membidani kesuksesan 70.000+ bisnis selama 25 tahun), maka Anda wajib menyimaknya (19/01/2013):

Semua pemilik bisnis kecil pasti ingin meraih sukses. Untuk apa meneteskan darah, keringat, dan air mata pada bisnis Anda kalau hanya untuk melihatnya gagal? Namun faktanya, banyak di antara para pebisnis kecil yang benar-benar mengalaminya. Bertahun-tahun saya bekerja dengan ratusan pemilik bisnis kecil, saya belajar bahwa untuk menciptakan bisnis kecil yang sukses, ada prinsip-prinsip yang harus Anda patuhi.

Menurut New Oxford American Dictionary, pengertian prinsip adalah “Sebuah kebenaran yang paling mendasar atau pemikiran yang berfungsi sebagai dasar bagi sebuah keyakinan atau perilaku atau pemikiran.”

Prinsip-prinsip pada sebuah bisnis adalah tenaga pendorong yang membawanya meraih kesuksesan. Mereka adalah pilar penyangga tegaknya organisasi. Dalam pemikiran saya, ada sepuluh prinsip yang mendasari terbentuknya bisnis kecil yang punya potensi untuk menjadi bisnis tersukses di dunia.

1. Scalability (kemampuan untuk berkembang)
Punya kemampuan untuk berkembang agar bisa mencapai kesuksesan yang diinginkannya. Bila dibangun dengan benar, ia bisa tumbuh 10.000 kali lipat.

2. Ide Besar
Sebuah ide yang menjadi alasan mengapa sebuah bisnis dibangun jauh lebih penting daripada bisnis kecil itu sendiri. Visi sang entrepreneur lebih penting bagi kehidupan bisnis tersebut dari apa pun. Hal tersebut berlaku juga untuk Start-up Anda.

3. Sistem
Anda harus menyadari bahwa bisnis kecil adalah sebuah sistem di mana setiap bagiannya berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan dari keseluruhan sistem itu. Dalam sistem ini, semua harus bekerja sama: dari karyawan sampai direktur, dari peralatan sampai sumber daya. Maka start-up Anda wajib memilikinya!

4. Sustainability
Dinamis–punya kemampuan untuk terus melangkah maju melewati segala kondisi ekonomi, dan di semua pasar, memberikan hasil yang unik dan bermakna bagi semua pelanggannya. Keunikan inilah yang menjadi kunci untuk bertahan hidup.

5. Pertumbuhan
Punya keinginan kuat untuk menciptakan pertumbuhan internal. Pada dasarnya, sebuah bisnis kecil adalah sebuah sekolah di mana karyawan adalah mahasiswa, dengan niat, kemauan, dan tekad untuk tumbuh.

6. Visi
Menyiratkan tujuan yang lebih tinggi pada setiap hal yang ia lakukan. Visi dimaksudkan sebagai contoh, sedangkan misi adalah apa yang harus dipenuhi supaya bisa menjadi seperti apa yang dicontohkan.

7. Tujuan
Buah dari tujuan tertinggi yang ada di dalam pikiran orang yang mendirikannya.

8. Otonomi
Bukan merupakan bagian dari kehidupan pemiliknya. Karena pada dasarnya ia adalah sebuah entitas yang berdiri sendiri. Ia memiliki kehidupan sendiri, di bawah perlindungan Tuhan, yang di dalamnya ia menemukan alasan untuk hidup.

9. Profitabilitas
Mampu berperan sebagai entitas ekonomi, yang turut menciptakan realitas ekonomi, dan menciptakan kepastian ekonomi bagi masyarakat di mana ia berada.

10. Standar
Menciptakan standar baru atas hal-hal yang akan digunakan oleh bisnis kecil lainnya untuk menentukan apakah mereka sukses atau tidak. Semua bisnis harus punya keinginan untuk melampaui standar yang sudah ada.

Itulah sepuluh prinsip yang untuk membangun, menumbuhkan, dan memperluas bisnis Anda. Sepuluh prinsip tersebut memberi gambaran untuk perusahaan Anda apa yang diperlukan agar terus maju.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s