Kesuksesan Anda Dalam Berbisnis Ditentukan Oleh Satu Keahlian Ini!

Success Puzzle

Tidak peduli apa pun bidang usaha atau pekerjaan Anda, tanpa satu keterampilan ini, sulit bagi Anda meraih sukses. Ini adalah satu hal di mana hanya orang-orang sukses saja yang tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik. Penasaran?

Jeff Haden, seorang kontributor majalah Inc. sekaligus penulis buku-buku penjualan terkemuka dari Amerika Serikat, pernah mewawancarai sekitar 20 pemilik usaha dan CEO untuk menyebutkan satu saja keahlian yang telah membawa mereka pada kesuksesan mereka saat ini. Apa jawaban mereka? Dapatkan jawabannya di artikel Jeff Haden berikut ini, dikutip dari Inc (25/01/2013):

Jawaban mereka adalah:
KEMAMPUAN MENJUAL.
Tanpa kemampuan menjual yang mumpuni hampir mustahil untuk bisa sukses dalam bidang apapun, dan mereka semua menyepakatinya.

Alasannya:

Bagi kebanyakan orang, kata “menjual” berarti memanipulasi, menekan, membujuk … pokoknya semua stereotip makelar mobil bekas lah.

Tapi jika Anda memandang bahwa “menjual” adalah sebuah proses untuk menjelaskan logika dan keuntungan dari sebuah keputusan maka setiap orang, tidak peduli apakah ia pebisnis atau bukan, jelas membutuhkan keterampilan menjual. Entah itu untuk meyakinkan calon investor bahwa ide Anda layak untuk didanai, untuk menunjukkan kepada bos bagaimana sebuah proyek akan menghasilkan keuntungan, atau untuk membuat karyawan memahami keuntungan dari sebuah proses baru, dll.

Pada intinya, keterampilan menjual adalah keterampilan berkomunikasi. Keterampilan komunikasi sangat penting perannya dalam setiap bidang bisnis atau karir, dan Anda akan belajar lebih banyak tentang komunikasi bila bekerja di bidang penjualan dibandingkan di bidang mana pun.

Meningkatkan keterampilan menjual Anda akan mempermudah Anda dalam mendapatkankan investasi, meyakinkan investor, memperluas distribusi, mendatangkan pelanggan pada masa-masa awal mendirikan bisnis.. Coba lihat, semuanya melibatkan penjualan.

Memahami proses penjualan dan bagaimana membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan sangatlah penting tidak peduli apapun bidang industri atau karir yang Anda geluti. Menghabiskan waktu dalam aktivitas penjualan langsung merupakan investasi yang akan memberikan keuntungan selamanya.

Berikut ini beberapa manfaat mempelajari keterampilan menjual:

Anda akan belajar bernegosiasi.
Setiap jenis pekerjaan pasti melibatkan negosiasi: Dengan pelanggan, dengan vendor dan pemasok, bahkan dengan karyawan. Penjual yang baik belajar untuk mendengarkan, mengevaluasi variabel-variabel penjualan, mengidentifikasi faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembeli, mengatasi keberatan, dan menemukan cara untuk mencapai kesepakatan, tanpa membuat kekacauan.

Anda akan belajar closing (menutup deal).
Meminta orang mengabulkan apa yang Anda inginkan bukan hal yang mudah. Penutupan penjualan adalah bagian dari seni dan sains. Membuat orang lain agar setuju dengan Anda dan mengikuti arah Anda juga merupakan bagian dari seni dan sains. Jika Anda ingin menjadi pemimpin bagi banyak orang, Anda harus punya kemampuan closing. Penjual yang hebat tahu bagaimana melakukan closing. Begitu juga bos-bos besar.

Anda akan belajar ketekunan.
Sebagai seorang penjual,
mendengar kata “tidak” bisa diibaratkan seperti makanan sehari-hari. Seiring dengan waktu, Anda akan belajar melihat “tidak” sebagai tantangan, bukan sebagai penolakan. Lalu Anda akan mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Anda akan belajar kedisiplinan.
Ketika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan besar terkadang Anda dapat melakukan tidur sambil berjalan seharian dan masih mendapatkan bayaran. Ketika Anda dibayar berdasarkan komisi, kredo Anda adalah: “Jika memang harus seperti itu, maka terserah saya.” Bekerja di bidang penjualan adalah cara yang bagus untuk secara permanen menghubungkan titik-titik mental antara kinerja dan penghargaan.

Anda akan mendapatkan kepercayaan diri.
Bekerja dalam bidang penjualan adalah pengobatan sempurna untuk mengatasi sifat pemalu. Anda akan belajar untuk melangkah maju dengan percaya diri, terutama dalam kondisi di bawah tekanan atau dalam keadaan krisis.

Masih belum percaya? Cobalah berpikir seperti ini: Semakin terdengar mengintimidasi atau menakutkan suatu posisi di bidang penjualan, semakin Anda perlu untuk mengambilnya. Anda akan mendapatkan kepercayaan diri dan keyakinan diri, lalu keterampilan yang telah Anda dapatkan tadi akan melayani Anda dengan baik sepanjang sisa waktu hidup dan bisnis Anda.

Jadi jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, simpan sejenak rencana bisnis Anda dan bekerja di bidang penjualan untuk satu atau dua tahun. Jika Anda adalah seorang pengusaha yang masih belum mapan, ambillah pekerjaan paruh-waktu di bidang penjualan. Salah satu alasan Anda masih belum mapan mungkin karena keterampilan penjualan yang buruk.

Pemilik bisnis yang sukses menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk “menjual.”

Pelajarilah dengan baik cara menjual.

Ia akan jadi investasi terbaik yang pernah Anda lakukan.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s