Trik Mempermulus Negosiasi

Shutterstock - Business

Agar tercipta situasi “sama-sama menang”  kita harus bisa merangkul pihak seberang menjadi mitra untuk mencapai tujuan bersama-sama. Ini ada seninya loh…

Negosiasi sudah pasti berjalan alot (atau bahkan mustahil) ketika salah satu, atau kedua belah pihak, memandang negosiasi sebagai ajang pertarungan antara dua pihak, di mana orang yang kehilangan posisinya adalah “loser” dan orang yang bertahan pada posisinya adalah “winner.” Bagaimana cara mencairkan kebuntuan ini? Geoffrey James, kontributor majalah Inc., punya solusi jitu. Simak artikelnya berikut ini, dikutip dari Inc (25/01/13):

Dalam negosiasi, sering terjadi situasi di mana pelanggan merasa takut akan mengalami penyesalan kalau mereka tidak menawar Anda sampai ke harga yang paling rendah.

Menurut Bob Nicols, penulis “The Journey to Sales Transformation,” situasi seperti ini mudah mengatasinya. Jangan biarkan keadaan menjadi semakin alot, lepaskan mereka dari keterikatan emosional.

Caranya? Ubah sudut pandang mereka agar mereka melihat permasalahan dengan cara yang lebih objektif. Enyahkan subjektivitas jauh-jauh.

Agar situasi seperti ini dapat terwujud, Anda perlu mengatakan sesuatu seperti: “Mari kita tempatkan masalah ini di atas meja, di antara kita berdua, lalu kita lihat bisakah kita menemukan cara yang kreatif untuk mendapatkan apa yang kita berdua inginkan.

Dengan cara berpikir seperti ini, kedua belah pihak akan terposisikan di satu pihak yang sama, dalam satu “tim” yang sama, dan saling bekerja sama untuk memecahkan masalah yang sama; tidak saling menjatuhkan satu sama lain.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s