Nasihat Michael Dell Untuk Para Start-up!

Michael Dell

Menurut Dell, para entrepreneur hebat meraup sukses besar karena mempunyai 3 hal ini. Dan bila ingin mengikuti jejak mereka, para startup harus mempunyainya juga!

Salah satu pertanyaan yang paling tidak disukai oleh Michael Dell adalah, “Bagaimana caranya agar saya bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses?”

Karena menurutnya, cara yang berhasil diterapkan oleh seseorang belum tentu bisa berhasil ketika diterapkan oleh orang lain. Kalau saja dulu ia selalu mengikuti omongan orang lain tentang apa yang harus ia lakukan dan apa yang sebaiknya tidak ia lakukan, bisa-bisa Dell Inc. (dan produknya, komputer / laptop Dell, yang barangkali ada di antara Anda yang sedang menggunakannya) tidak pernah ada di dunia ini.

Namun, umumnya para entrepreneur sejati memiliki beberapa kesamaan, dan bila Anda juga memilikinya berarti Anda sedang berada di jalur yang tepat untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Entrepreneur sejati mempunyai 3P, yakni Passion, Problem, dan Purpose. Dan menurut Dell, kalau Anda sudah menemukan 3P Anda sendiri, Anda tidak perlu lagi bertanya ke sana kemari bagaimana caranya meraih mimpimu.

P pertama: PASSION

“No one works harder than an entrepreneur starting a business.”

Pendapat Dell ini banyak benarnya. Masa-masa awal mendirikan bisnis adalah salah satu masa-masa paling berat. Untuk melewatinya, Anda butuh lebih dari sekedar semangat. Anda butuh passion. Entrepreneur yang memiliki passion atas apa yang sedang mereka lakukan tidak akan merasakan pekerjaannya sebagai beban. Dengan passion, bekerja terasa lebih senang senang dan bersemangat, dan mungkin di mata orang lain hal tersebut terlihat seperti orang yang gila kerja.

Dan itu pula yang terjadi pada Dell. Ia sudah jatuh cinta pada teknologi sejak masih kanak-kanak. Ia suka mengamati ayahnya bekerja dengan mesin hitung. Ketika ia mengetikkan satu persamaan, mesin itu pun mengeluarkan jawabannya, dan sejak itu ia pun ketagihan.

Dan seperti yang kita tahu selanjutnya, Dell tumbuh menjadi pemuda yang memiliki passion kuat untuk menghadirkan solusi berteknologi tinggi untuk customernya dan terobsesi dengan segala hal besar yang bisa ia berikan pada dunia.

P kedua = PROBLEM

“Every breakthrough business idea begins with solving a common problem. The bigger the problem, the bigger the opportunity.”

Titik balik kehidupan bisnis Dell bermula ketika ia menemukan satu permasalahan besar yang membawanya sukses sampai detik ini, yakni ketika ia membongkar sebuah PC IBM. Ia menemukan dua hal menarik: pertama, komponen-komponen yang ada di dalamnya adalah komponen buatan perusahaan lain; kedua, sistem penjualan yang membuat harga PC (yang biaya pembuatannya hanya US$ 600) berakhir menjadi menjadi US$ 3.000 di pasar ritel. Dari situlah kemudian ia menemukan ide bagaimana caranya menghadirkan teknologi ini kepada orang-orang yang membutuhkannya dengan cara yang lebih baik dan lebih murah.

Ide Dell tersebut akhirnya dikenal dengan sebutan Dell Direct Business Model, yang telah mengubah industri komputer untuk selamanya dan menyelesaikan satu masalah besar di dunia: PC (dan juga server) yang sebelum hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang kini semua orang bisa memilikinya.

“Peluang bisnis yang segar dan menarik ada di sekitar kita, dan ia hampir selalu dimulai dengan sebuah masalah. Temukan sebuah masalah yang menurutmu bisa Anda selesaikan dan Anda akan aman di jalurmu,” kata Dell.

P ketiga: PURPOSE

“While a passion and a problem might be enough to start a business, it’s purpose that brings fulfillment.”

Pada awal-awal Dell mendirikan bisnisnya, ia masih belum tahu benar akan dibawa ke mana bisnisnya (kaya judul lagu aja nih). Dan di mata Dell, justru tujuan itu sendiri yang mendatangi mereka. Awalnya mimpi mereka adalah membebaskan potensi manusia melalui akselerasi adopsi teknologi dalam skala global. Dan pada gilirannya mimpi itu membuka pintu menuju pertumbuhan, produktivitas, dan kesempatan bagi orang-orang di seluruh dunia.

Tahun ini Dell Inc. sudah berumur 30 tahun. Dell menyatakan 29 tahun pertama berdirinya Dell Inc. sebagai Chapter Pertama dari sejarah perjalanan hidup Dell Inc. Sementara Chapter Dua dimulai ketika mereka berhasil go private pada 2013 setelah sebelumnya selama 25 tahun mereka berstatus perusahaan terbuka.

Dari segi pendapatan, Dell Inc. adalah perusahaan terbesar sepanjang sejarah yang melakukan go private. Dan bagi Dell, hal tersebut membuat mereka merasa seperti dilahirkan kembali ke akar bisnis mereka, dengan modal yang lebih melimpah, tim ahli dari seluruh penjuru dunia, skala industri yang lebih besar, dan ia yakin inilah portofolio terbaik di industrinya.

Ketika ia memulai Dell, ia tidak pernah membayangkan ke mana perusahaan itu akan membawanya, begitu juga perubahan yang akan mereka lihat dan pengalaman yang akan mereka alami di perjalanan. Namun tiga hal tadi: PASSION, PROBLEM, dan PURPOSE selalu menginspirasi dirinya. Hingga hari ini, “3P” tersebut masih tetap menginspirasinya untuk menciptakan 30 tahun berikutnya yang lebih baik.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s