Hanya Dengan Email, Start-up Ini Diguyur Investasi US$ 2 Juta Oleh Mark Cuban dan Google!

datanyze-ceo-ilya-seminCaranya yang simpel mampu membungkam keriuhan yang mengagung-agungkan kecanggihan cara-cara pitching dengan media-media terkini. Seperti apa caranya? Simak kisahnya berikut ini!

Sebelum meluncurkan produknya, Ilya Semin, CEO Datanyze, ingin melakukan test pasar untuk mengetahui sebesar apa kemungkinan produknya bisa sukses di pasar. Cara yang dia pilih adalah salah satu cara pemasaran tertua di dunia maya: email.

Setelah mendapatkan alamat email sejumlah eksekutif pemasaran perusahaan IT yang ia inginkan, ia mengirimi masing-masing eksekutif itu email yang isinya meminta feedback untuk produk barunya.

Kemampuan utama produknya adalah mengidentifikasi software apa yang digunakan oleh website yang menjadi targetnya, khususnya terkait content management, e-commerce, dan data-analytics solution; dan produknya mampu melakukannya pada jutaan website setiap harinya. Meskipun masih berupa prototype awal, namun produknya jelas sekali berguna bagi para pemasar online untuk mendapatkan informasi yang berharga untuk mengenal lebih dalam karakteristik calon pelanggannya.

Hampir separuh dari mereka membalas email Semin, beberapa di antaranya memberikan masukan-masukan yang berharga. Lalu kemudian ia akan mengupdate softwarenya sesuai dengan masukan yang mereka berikan lalu meminta feedback lagi dari mereka.

Salah satu orang yang pertama merespon emailnya adalah Ben Sardella, Vice President of Sales di Kissmetrics, sebuah perusahaan software web-analytic. Dan cerdasnya, Semin mengatakan kepadanya bahwa softwarenya bisa menunjukkan berapa orang yang menggunakan Mixpanel, kompetitor Kissmetrics.

ilya semin's email

Setelah beberapa kali saling berbalas email, mereka berdua bertemu di sebuah kedai kopi di San Fransisco untuk mendemonstrasikan software Datanyze. Semin memaparkan bagaimana cara softwarenya bekerja dan menunjukkan data yang telah ia kumpulkan, yang isinya berupa: jenis software yang digunakan oleh website, tanggal berakhirnya kontrak software yang digunakan oleh website, dan ukuran perusahaan. Sardella menyukainya, dan ia pun menjadi customer pertama Datanyze. Bahkan sakung terkesannya sampai akhirnya ia bergabung dengan Datanyze sebagai co-founder pada tahun 2013.

Email Semin juga menarik perhatian milyuner Mark Cuban, umumnya orang mengenalnya karena perannya sebagai investor di acara reality show “Shark Tank.” Bulan Aprilnya, Semin mengirimi Cuban sebuah email, sebenarnya ia tidak berharap mendapatkan respon Cuban dalam waktu singkat. Sejam kemudian, ada email baru di inbox Semin. Isi emailnya: Sangat menarik—Kirimi aku informasi lebih detailnya. Dan pengirimnya: Mark Cuban! Beberapa bulan kemudian, Cuban bergabung dengan IDG Ventures dan Google Ventures dalam sebuah investasi gabungan senilai USD 2 juta.

Terhitung sejak bergabungnya Sardella, Datanyze tumbuh 25% setiap bulannya. Ia membukukan keuntungan setelah mencapai annual recurring revenue USD 1 juta tahun lalu, lebih cepat dari yang direncanakan. Meskipun hanya mempunyai 18 karyawan, namun Datanyze sudah digunakan oleh 200 perusahaan, beberapa pelanggan besarnya antara lain Marketo dan HubSpot.

Bila melihat ke belakang, Semin punya pandangan sendiri bahwa manusia pada umumnya selalu ingin menolong, terutama bila Anda tidak meminta uang. Ia sendiri selalu mengawalinya meminta feedback, dan hal tersebutlah yang menggerakkan bisnisnya menjejak kesuksesan di usianya yang masih muda.

“Pelajaran terbesar yang saya dapatkan adalah: Bila kamu ingin nasihat, mintalah uang. Bila kamu ingin uang, mintalah nasihat,” kata Semin kepada Business Insider.

Sumber: Business Insider

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s