Begini Caranya Mencari Ide Bisnis Yang Layak Jual!

testing business ideaIlya Semin, pendiri Datanyze yang menghebohkan dunia karena menerima investasi US$ 2 juta dari Google dan Mark Cuban, punya cara yang mengejutkan tentang bagaimana caranya mendapatkan ide bisnis yang peluang suksesnya besar. Teorinya ini bisa membuat Anda meragukan kebenaran teori-teori yang pernah Anda baca di buku-buku bisnis.

Saya sering diundang menghadiri acara-acara meetup di sekitar Bay Area, dan salah satu pertanyaan yang paling sering saya dengar adalah, “Bagaimana caranya menemukan ide bisnis?”Pertanyaan ini paling sering dilontarkan di acara meetup yang pesertanya mayoritas adalah para karyawan fulltime yang ingin memiliki bisnis mereka sendiri suatu hari nanti.

Bila Anda mencoba menggooglenya, Anda akan menemukan banyak sekali artikel yang membahasnya. Namun menurut pendapat saya, artikel-artikel seperti ini kebanyakan tidak terlalu bagus, karena penulisnya adalah para jurnalis, bukan entrepreneur yang sebenarnya.

Saat masih kuliah di Babson, saya mengambil kelas “Entrepreneurship” dan salah satu persyaratannya adalah harus memiliki ide bisnis yang orisinil. Saya menggunakan cara-cara yang tertulis di artikel-artikel tersebut dan ide saya terpilih sebagai salah satu ide terbaik di kelas. Saya benar-benar senagn dan berpikir mungkin saya bisa mengubah ide saya menjadi bisnis sungguhan.

Dan suatu hari saya mendatangi professor Bob Caspe, saya jelaskan ide saya kepadanya dan menanyakan pendapatnya terkait ide saya.

BC: Kenapa Anda ingin tahu pendapat saya tentang ide Anda?
IS: Karena Anda adalah seorang entrepreneur yang sangat berpengalaman dan juga professor di Babson ini, menurut saya Anda pasti bisa memberikan feedback yang bermanfaat.
BC: Tahukah Anda, tidak penting apa pendapat saya tentang ide Anda. Tidak penting apa pendapat para professor di sini tentang ide Anda. Yang terpenting adalah apa pendapat customer Anda tentang ide Anda dan apakah mereka mau membeli produk Anda. Bagaimana ceritanya kamu mendapatkan ide ini?
IS: Pada saat saya browsing di internet mencari sebuah video game, saya menemukan sebuah website yang menjual game tersebut, namun tidak ada review pengguna di web tersebut. Lalu saya membuka website Amazon untuk mencari review tentangnya dan akhirnya saya membelinya dari Amazon. Pada saat itulah saya menyadari bahwa website-website kecil membutuhkan review produk untuk mempertahankan customer agar tidak meninggalkan websitenya (untuk mencari review produk di website lain). Dan saya pikir saya mampu memecahkan masalah ini untuk mereka.
BC: Itu adalah cara yang buruk untuk mendapatkan ide bisnis yang prospektif. Namun bukan berarti idenya buruk.
IS: Lalu bagaimana caranya saya bisa mendapatkan ide yang bagus?
BC: Ikuti webinar saya dan kembali lagi ke sini apabila ada yang ingin Anda tanyakan.

Yep, ia punya gaya mengajar yang sedikit keras, sehingga di antara semua mahasiswanya selain ada yang menyukainya, ada juga yang membencinya. Saya memutuskan untuk mengikuti sarannya, dan saya mengikuti webinarnya. Bila melihat ke belakang, saya berpikir bahwa perjumpaan singkat dengan Bob dan webinarnya jauh lebih berharga bagi saya dibanding seluruh kuliah MBA saya.

Bila Anda familiar dengan Datanyze dan memahami model bisnisnya – Anda akan mengerti sebesar apa pengaruh pendekatan ini kepada diri saya.

Saya tidak berpikir bahwa pendekatan yang diajarkan Bob adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan ide yang bagus, namun pendekatan ini sudah pasti akan meningkatkan kemungkinan sukses Anda. Sudah umum diketahui bahwa 95% bisnis baru mengalami kegagalan. Menurut pendapat saya, sebagian besar dari mereka gagal karena mereka mencoba membuat sesuatu yang tidak ada seorang pun yang mau membelinya. Ingin mendapatkan ide bisnis yang prospeknya bagus? BALIK URUTAN PROSESNYA: Mulailah dengan menemukan customer ideal Anda lebih dulu, cari cara yang terbaik untuk mengenakan biaya pada mereka, buat satu prototype, ulangi lagi, dan pada akhirnya cari cara untuk memasastikan siklus tersebut bisa terus berulang.

Sumber: ilyasemin.com

Leave a Reply

