Pelajaran Bisnis Dari Layar Lebar

bioskop - popbitez(dot)netBeberapa di antaranya memang sudah agak jadul, namun pelajaran yang terkandung di dalamnya masih sangat relevan dengan situasi terkini. Mulai dari cara mengalahkan ketakutan hingga meraih work-life balance, berikut ini 7 tontonan wajib untuk Anda yang ingin meraih sukses di dunia bisnis.

 

the social networkThe Social Network (2010)

Pertemanan itu penting (karena bisa jadi kesuksesan Anda datang dari pertemanan)
Saat ini semua orang mengenalnya sebagai biliuner termuda di dunia, namun Mark Zuckerberg tidak akan meraihnya tanpa menciptakan musuh di sepanjang perjalanan bisnisnya.

Berawal dari kamarnya di asrama mahasiswa hingga menghadapi pengadilan, cerita dalam film ini diangkat dari kisah yang dialami pendiri Facebook dalam menghadapi berbagai cobaan dan meraih kemenangan saat ia berusaha membangun sebuah aplikasi jejaring sosial menjadi kerajaan bisnis miliaran dolar

Walaupun Zuckerberg dan para staff pertamanya mengatakan bahwa cerita dalam film ini banyak yang melenceng dari peristiwa aslinya, namun film ini mengandung pelajaran yang wajib diketahui entrepreneur muda tentang betapa mudahnya ketenaran dan kekayaan merusak hubungan persahabatan.

 

wall streetWall Street (1987)

Keserakahan tidak selalu baik
Bud Fox (Charlie Sheen), seorang pialang muda Wall Street yang punya ambisi besar untuk sukses di dunia keuangan. Dia bertemu seorang broker yang terkenal kejam dan kaya raya, Gordon Gekko (Michael Douglas), yang memiliki motto serakah itu bagus.

Gekko pun menjadi mentor untuk Fox, membawa pebisnis muda ini masuk di bawah sayap kesuksesannya dan melibatkannya dalam aktivitas-aktivitas bisnis penuh intrik yang dimilikinya, termasuk fraud dan insider trading. Tapi ketika Fox ditangkap atas tuduhan kecurangan bisnis, ia menyadari ada hal yang lebih penting untuk diperjuangkan daripada uang.

Pelajaran dari film ini? Wall Street mengajarkan pesan moral yang kuat untuk paara pemilik bisnis bahwa kekayaan tidak datang dalam semalam dan keserakahan selalu membayangi di sepanjang jalan menuju kesuksesan sejati.

 

the aviatorThe Aviator (2004)

Jangan takut dengan lawan yang lebih besar
Film peraih Oscar ini mengkisahkan 20 tahun karir Howard Hughes yang legendaris (diperankan oleh Leonardo DiCaprio), saat ia mengubah jalan hidupnya dari seorang sutradara film Hollywood yang perfeksionis menjadi seorang pilot pesawat sekaligus pemilik maskapai penerbangan yang inovatif.

Bio-pic mengangkat kisah saat Hughes mengambil alih Trans World Airlines dan mencoba untuk bersaing dengan maskapai Amerika yang terkenal, besar, dan buruk layanannya, Pan American Airlines. Jalan yang harus dilaluinya panjang, dan PanAm juga memberikan perlawanan, namun Hughes tidak menyerah. Dan meskipun Hughes kemudian menderita paranoia dan fobia yang melemahkan semangatnya, dalam film ini ia akhirnya membuat comeback singkat di akhir cerita.

Pelajaran dan hikmah kewirausahaan dari film ini adalah: Jangan pernah takut untuk menghadapi perusahaan yang lebih besar dari Anda.

 

pursuit of happinessThe Pursuit of Happyness (2006)

Etos kerja mengalahkan segalanya
Film ini menceritakan kisah nyata Chris Gardner (Will Smith), seorang salesman San Francisco yang hidupnya susah setelah kehilangan tempat tinggal karena menghabiskan tabungan keluarganya untuk investasi bisnis yang berujung pada kegagalan, ditambah lagi ia punya seorang anak laki-laki yang harus ia besarkan. Tapi Gardner tidak berlama-lama tenggelam dalam keputusasaan. Dengan segera ia memutuskan untuk mengikuti sebuah program magang enam bulan magang berbayar untuk melakukan sebuah pekerjaan yang meuipakan pekerjaan impiannya, pialang saham. Peserta yang meraih nilai bagus dalam program ini berpeluang untuk diangkat menjadi pegawai tetap.

Meskipun peserta magang lainnya lebih muda dan lebih berpendidikan, pemikiran, sikap baik, dan etos kerja Gardner yang luar biasa membuktikan keunggulannya. Dia pun berhasil meraih mimpinya, begitu juga rasa hormat dari semua orang yang bekerja dengannya.

 

jerry maguireJerry Maguire (1996)

Jangan takut menegakkan prinsipmu
Di sebuah perusahaan agen olahraga besar yang akan melakukan apa pun demi mencetak kontrak bernilai tinggi untuk atlet-atletnya (dan disertai komisi besar yang dihasilkannya), Jerry Maguire (Tom Cruise) dipecat karena sebuah perubahan yang timbul di dalam hatinya mendorongnya untuk menggunakan pendekatan yang lebih jujur dalam pekerjaannya. Dia memang telah kehilangan pekerjaan dan sebagian besar kliennya, tapi bukannya menyerah, Jerry memutuskan untuk mendirikan sebuah agen olahraga miliknya sendiri. Film ini mengingatkan kita bahwa memulai bisnis tidak pernah mudah, tapi melakukan apa yang Anda percayai akan selalu menjadi pilihan yang benar. Di akhir cerita, dia menjadi lebih bahagia dan lebih sukses dari sebelumnya.

 

baby boomBaby Boom (1987)

Work-life balance bukan hal yang mustahil.
JC Wiatt (Diane Keaton) adalah seorang pebisnis sukses di kota New York City, dan juga seorang workaholic. Sampai pada suatu momen di mana ia diminta menjaga dan merawat bayi salah seorang kerabat jauhnya yang meninggal.

Tidak mampu mempertahankan karirnya karena kehadiran seorang anak di rumahnya, ia pun berpindah dari kota ke sebuah desa, dan mendirikan bisnis penjualan saus apel untuk bayi yang kemudian booming. Ia belajar bahwa meraih kesuksesan sekaligus kehidupan rumah tangga yang bahagia dan penuh makna bukan hal yang mustahil.

 

pirates of sillicon valleyPirates of Silicon Valley (1999)

Kompetisi baik untuk bisnis.
Film drama televisi ini mencoba untuk menceritakan sejarah asal muasal persaingan sengit Apple dengan Microsoft yang tumbuh ketika Steve Jobs (Noah Wyle) dan Bill Gates (Anthony Michael Hall) mendirikan kerajaan teknologi mereka pada tahun 1980-an.

Meskipun film ini fiksi, ia mampu menceritakan dengan baik persaingan sengit antara kedua pengusaha teknologi tersebut dan bagaimana keduanya terus memelihara persaingan itu.

Mengingat saat ini Steve Jobs dan Bill Gates berada di jajaran puncak penguasa di bidang industri mereka, sepertinya film ini memberikan (setidaknya satu) pelajaran: Kompetisi bisa jadi hal yang positif ketika Anda sedang berusaha membangun sebuah bisnis.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s