Tips Memenangkan Hati Customer (Dari Para Customer Tersulit Di Dunia)

perfectionist customerCoca-Cola, UPS, Dell… Perusahaan-perusahaan multinasional ini dikenal perfeksionis dalam menuntut apa yang telah mereka bayarkan. Untungnya, mereka mau memberi sedikit bocoran mengenai supplier apa yang mereka cari dalam bermitra.

Coca-Cola: Menonjol
“Kami sudah punya sejumlah supplier yang bagus, jadi kalau Anda mendatangi kami dan tidak punya sesuatu yang berbeda dalam value yang Anda tawarkan, maka akan berat bagi kami untuk bekerjasama,” kata Ken Carty, sang Vice President dan Chief Procurement Officer. “Coca-Cola memiliki salah satu supply chain terbesar di dunia, jadi kami sudah pasti butuh lebih dari satu supplier untuk menyelesaikan pekerjaan kami.” Jadilah efisien. Atau jadilah inovatif. Pastikan Anda menonjol dibanding pemain lainnya.

UPS: Jangan Terlalu Banyak Janji
“Salah satu masalah besar yang kami lihat adalah banyak perusahaan yang menjanjikan RFP tidak realistis bagi mereka sendiri. Dan itulah alasannya kenapa mereka tidak mampu bertahan,” kata Kathy Homeyer, Director of Supplier Diversity UPS. “Misalnya harga yang mereka tawarkan terlalu rendah. Manager-manager kami sangat berpengalaman, mereka tahu persis berapa nilai harga yang tidak masuk akal.” Satu tip lagi darinya: Jangan kirim proposal ke UPS dengan jasa kurir FedEx. Karena itu adalah salah satu hal yang paling mereka benci.

Intuit: Kreatif Memanfaatkan RFP (Request For Proposal)
“Mereka harus mampu merespon dengan cara yang kreatif. Jadi bukan hanya sekedar memenuhi persyaratan yang tercantum dalam RFP saja, namun mereka juga harus punya ide alternatif,” kata Larry Wood. Director of Sourcing Intuit. “Beberapa tahun lalu saya mengirimkan RFP untuk lima jenis komponen yang nantinya akan kami rakit untuk menjadi satu set hardware. Saat kami mewawancarai para supplier untuk masing-masing komponen, salah satu dari mereka menangkap suatu peluang dan mancoba untuk memanfaatkan kesempatan ini,’Anda kurang memahami pasar (kelima komponen ini). Ijinkan saya melangkah lebih jauh. Saya sanggup menyediakan kelima komponen tersebut dan merakitnya untuk Anda.’ Saya takjub dengan tindakannya. Dan menurut saya masih sedikit perusahaan yang melakukannya.”

The Bama Companies: Komitmen Pada Kualitas
“Ketika saya menunjuk satu supplier di antara banyak pilihan yang tersedia, rasanya seperti saya membeli seluruh fasilitasnya,” kata Paula Marshall, CEO The Bama Companies. “Ini bukan cuma soal kemampuan Anda untuk mensupply produk yang kami cari dan memastikan ketersediannya saja; melainkan juga soal fasilitas di mana produk ini dibuat. Apakah tempatnya bersih? Apakah perusahaan Anda memiliki program maintenance yang baik? Apakah perusahaan Anda memiliki program penjaminan kesehatan makanan yang baik? Dalam melayani pelanggan saya, saya harus yakin bahwa saya membeli produk yang aman dan berkualitas dari Anda.

Valero Energy: Lakukan Tugas Anda Dengan Baik
“Setiap bertatap muka dengan buyer kami, kami selalu melihatnya sebagai kesepakatan sekali seumur hidup. Maka kredibilitas Anda di mata kami akan terangkat bila Anda menginvestasikan sejumlah waktu Anda untuk meneliti Valero dan mempelajari peran yang akan Anda mainkan di dalamnya,” kata Hal Adams, Vice President for Retail Merchandising di Valero Energy, perusahaan penyedia bahan bakar yang mengoperasikan 1000 SPBU . “Bila Anda ingin berbisnis dengan kami, Anda harus memahami persiapan dan persyaratan minimum dari kami, dan Anda juga harus mampu melaksanakannya. Semua informasi mengenainya tersedia di website kami.”

Northrop Grumman: Spesialisasi
“Karena kami adalah sebuah perusahaan besar dan memiliki banyak jenis komoditas, kami meminta supplier kami untuk melebihi ekspektasi yang diberikan pada mereka,” kata Gloria Pualani, Director of Socioeconomic Business Program di raksasa penerbangan dan pertahanan udara dunia ini. “Bila Anda punya satu kemampuan yang menonjol, tekankan hal tersebut saat Anda menyebutkan daftar kemampuan Anda pada kami. Kami menghargai semua hal yang bisa Anda lakukan, namun bila ada satu hal yang Anda rasa Anda bisa melakukannya lebih baik dari siapapun, maka hal itu harus dipertegas.

Dell: Start Locally, Think Globally
“Mengganti vendor berisiko menimbulkan dampak yang menyedot banyak biaya. Sehingga setiapkali mencari partner kami mencari partner kerjasama dalam jangka panjang,” kata Ying McGuire, Senior Manager of Global Supplier Diversity. “Saat sebuah perusahaan menemui kami untuk pertama kalinya, biasanya akan menawarkan diri untuk mencoba melakukan hal-hal yang sifatnya kecil. Namun bila mereka punya strategi jangka panjang yang bersifat global, maka hal seperti itulah yang biasanya menarik perhatian kami. Kami ingin semua supplier kami memiliki kemampuan global. Kami selalu mengatakan bila pada mereka bila mereka ingin memenangkan kompetisi, mereka harus melayani customer tanpa peduli lokasi gerografisnya.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s