Cara Cerdas Menghindari Perang Harga

price warJangan biarkan bisnis Anda terjebak ke dalam perang harga dan ikut-ikutan latah memangkas harga. Kabar gembiranya, konsumen punya pola perilaku yang unik dalam menilai kepantasan sebuah harga. Manfaatkan pola ini untuk menjauhkan kompetitor dari “wilayah kekuasaan” Anda.

Pengusaha mana yang tidak muak bila terjebak perang harga? Namun jangan khawatir, Geoffrey James punya cara cerdik untuk menghindari perang harga, dikutp dari Inc (1/7/2013):

Bagi seorang pengusaha, tidak ada yang lebih memuakkan daripada perang harga, di mana kita terus menerus ditekan untuk menurunkan harga agar produk kita terjual. Setiap orang tentu berharap ia mampu menjaga harga produknya di atas kompetitor sementara angka penjualannya terus meningkat.

Sebenarnya ada satu cara yang cukup mudah untuk melakukannya, yakni dengan membuat harga kompetitor Anda (yang lebih murah) menjadi kerugian bagi mereka sendiri.

Ternyata ketika disajikan dua produk yang terlihat nyaris sama di hadapannya, orang akan cenderung memilih yang lebih murah. Namun, ketika orang ditunjukkan produk ketiga yang harganya lebih mahal daripada produk kedua (yang lebih murah), orang biasanya akan mengambil produk yang harganya ada di tengah-tengah, dibandingkan yang termurah.

Siapkan Harga Alternatif

Begini caranya memanfaatkan fakta di atas.

Misalkan Anda menawarkan sebuah produk dengan harga US$ 1.000 sementara kompetitor Anda menjual produk yang sama dengan harga US$ 900. Sebenarnya bisa saja Anda menjual produk Anda dengan harga US$ 890, tapi itu sama saja Anda memainkan perang harga.

Sebaliknya, tawarkan tiga versi dari produk Anda: yang pertama seharga US$ 900, yang kedua US$ 1.000, dan yang ketiga US$ 1.200. Ketiga produk ini tidak harus benar-benar jauh perbedaannya selama Anda melabeli mereka dengan pantas, misalnya: paket Silver, Gold, dan Platinum.

Lalu, saat pelanggan membandingkan produk Anda dengan produk kompetitor, katakan bahwa produk “Silver” Anda sama dengan produk milik kompetitor dan sesuai dengan harga yang mereka inginkan. Bingo! Anda baru saja memposisikan kompetitor Anda sebagai alternatif murahan.

Hasilnya, seringkali pelanggan mental akan mencoret produk yang terkesan murahan dari daftar belanja mereka dan mereka akan menginginkan produk Gold atau bahkan produk Platinum Anda.

Mudah kan?

Kenali Pelanggan Anda

Cara ini paling efektif digunakan pada pelanggan yang belum melakukan survey dan belum mengenali pasar di kategori produk Anda dengan baik. Untuk mereka yang sudah, Anda harus melakukan cara yang sedikit lebih sulit: menemukan keistimewaan produk Anda yang sangat menonjol dan tidak bisa mereka temukan di produk lain.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s