Begini Caranya Passion Menciptakan Profit!

passion fireAnda tidak butuh passion kalau hanya sekedar ingin hidup dan bekerja saja. Namun tanpa passion, perjalanan meraih mimpi akan sangat berat.

Bagaimana cara passion membantu Anda mengubah jalan hidup Anda? Berikut ini caranya menurut Marla Tabaka, konsultan bisnis terkemuka Amerika sekaligus kontributor majalah Inc., dikutip dari Inc.:

Buku Rich Dad mengatakan, “Para karyawan membenci hari kerja dan lebih meyukai akhir pekan. Dunia mereka dibangun di atas dua area, yakni bekerja dan bermain. Sementara orang kaya tidak tahu apa bedanya kedua hal tersebut. Bagi mereka, perkerjaan mereka adalah arena bemain mereka juga karena mereka punya passion pada pekerjaaan mereka.”

Di mata saya, apa yang dikatakan buku Rich Dad tersebut lebih dari benar. Tidak ada hal yang mampu menyentuh hati terdalam saya melebihi hal-hal seperti membantu orang lain memperluas perspektif mereka, membantu mereka menemukan pilihan terbaik dalam hidup mereka, dan meraih kemerdekaan finansial yang diidam-idamkan oleh banyak entrepereneur. Itulah passion saya, dan ia menjadi kendaraan yang membantu saya untuk membesarkan anak-anak saya seorang diri sebagai janda. Passion sayalah yang selama ini menjadi bahan bakar yang menjaga mimpi saya agar senantiasa menyala.

Apakah Anda mampu menghidupkan visi dan passion Anda setiap saat? Apakah Anda mampu mengatakan Anda mencintai apa pekerjaaan Anda? Bila tidak, saya ingin menginspirasi Anda untuk mengikuti passion Anda dan menemukan langkah Anda selanjutnya menuju kebebasan. Tidak ada kompas yang lebih baik dari passion. Ini alasannya.

1. Passion adalah bahan bakar yang akan selalu menjaga nyala mimpi Anda
Saya tidak akan sanggup bila disuruh menghitung berapa kali saya akan menyerah bila saya tidak mempunyai passion yang luar biasa ini untuk pekerjaan dan orang-orang saya tolong. Saya meihat, passion adalah sumber kekuatan motivasi saya selama bertahun-tahun di kala keuangan saya menipis, di saat saya ragu pada skill dan kemampuan saya, dan ketika saya sudah kelelahan dan nyaris kehabisan tenaga. Hari ini, faktor “why” saya (begitu saya menyebutnya), yakni visi di atas visi saya, telah membawa saya pada kreativitas dan kemantapan di tingkatan yang lebih tinggi sehingga saya mampu membantu orang dalam jumlah yang semakin besar.

Bila Anda tidak punya faktor “why” yang jelas, maka sekarang juga Anda harus menemukannya. Perjalanan ini akan menjadi sebuah pencarian rohani, maka dari itu saya menyarankan agar Anda meminta bantuan seorang coach atau mentor di sepanjang proses ini. Jika Anda melakukannya sendrian ada kemungkinan Anda tidak mampu menggalinya sampai kedalaman yang mencukupi.

2. Passion is infectous!
Ya, passion bisa menular. Ketika seorang klien datang menemui kami dengan perasaan tidak yakin, atau bahkan ketakutan, saya selalu bisa menemukan “penawarnya”. Mereka akan belajar memahami masalah mereka, mengubah perspektif mereka, dan melihat peluang dalam situasi yang sedang mereka hadapi. Itu karena saya percaya pada kemampuan mereka dan saya punya passion untuk kesuksesan mereka.

Jangan pernah malu untuk berbagi passion Anda dengan orang lain. Mungkin akan ada beberapa orang yang tidak mampu memahaminya, namun akan ada orang lain yang akan tersedot oleh Anda seperti magnet. Pada momen seperti inilah akan tercipta keajaiban.

3. Passion mendorong Anda untuk selalu belajar dan menjadi lebih baik.
Apakah ada hal-hal yang selalu membuat Anda merasa penasaran dan antusias? Kalau saya, cukup dengan mendengar kata-kata “startup, bisnis kecil, membesarkan bisnis, atau ketidakpercayaan diri” saja semangat saya langsung menyala. Seolah-olah seseorang telah menekan tombol “ON” di dalam jiwa dan pikiran saya. Saya tidak mampu mengendalikannya, saya selalu ingin tahu lebih banyak!

Seorang pemimpin yang luar biasa tidak pernah berhenti belajar dan bertanya, itulah passion. Dan rasa ingin tahu yang tak ada habisnya inilah yang menciptakan rasa haus untuk belajar. Dengan passion, Anda tidak akan pernah merasa berat meluangkan waktu untuk membaca, belajar dari mentor dan coach Anda, atau belajar dengan cara lainnya. Berkomitmenlah pada diri Anda untuk selalu belajar dan tumbuh; hal tersebut akan memperbesar peluang Anda untuk meraih kesuksesan yang tidak terbatas.

4. Passion membuat bekerja terasa menyenangkan, bahkan di saat yang tidak menyenangkan sekalipun!
Menumbuhkan sebuah bisnis adalah pekerjaan yang sulit dan akan ada waktu di mana Anda merasa tak sanggup untuk melangkah lagi. Ketika saya mengalami masa-masa yang penuh tekanan ini saya akan “beralih” menjadi diri saya yang lebih menyenangkan, saya akan berhenti menjadi orang yang terlalu serius. Saya melakukannya bukan karena hal itu akan menyelesaikan masalah, namun saya melakukannya untuk melepaskan tekanan yang membebani diri saya sehingga sisi kreatif saya akan menyala dan bangkit untuk menemukan solusinya.

Ketika Anda sedang mengerjakan sebuah projek atau sedang mencari sebuah solusi, keluarkan crayon Anda. Bukan Cuma 12 warna, tapi 120 warna! Temukan cara untuk membuat tantangan Anda terasa lebih menyenangkan dan tidak stressful. Saya ingat saat pertama kali terlibat dalam proses pembuatan video konsultasi saya, saya merasa nervous. Lalu saya menelepon teman-teman saya. Saya buka sebotol anggur yang bagus, lalu bermain-main dengan kamera, pencahayaan, dan peran yang harus saya mainkan. Mencairkan ketegangan dengan cara seperti ini dapat mengurangi ketakutan saya dan meningkatkan kekuatan pesan dan pendekatan saya.

5. Passion adalah pondasi untuk kesuksesan yang luar biasa.
Saya telah bertemu banyak orang yang luar biasa sukses, dan masing-masing dari mereka didorong oleh passion mereka. Itulah yang menyebabkan para pemimpin berjiwa entrepreneur memiliki daya tarik layaknya magnet dan keunikan tersendiri. Ide dan mimpi datang dan pergi, namun bila Anda tetap setia dengan passion Anda, ia akan mengubah ide-ide yang bagus menjadi brilian, lalu mekar sempurna.

Sumber: Inc.

Leave a Reply

