Lakukan Satu Hal, Lakukan Lebih Baik Dari Siapapun!

focusJadilah yang terbaik dalam satu hal, apapun itu bidangnya. Lupakan ide-ide brilian Anda yang lain. Karena yang Anda perlukan hanya satu!

Memikirkan lebih dari satu hal akan membuat pikiran Anda terbagi. Begitu juga untuk seorang entrepreneut start-up, memikirkan lebih dari satu bisnis sama saja dengan memecah determinasi Anda untuk ribuan hal. Bagi Jeff Hoffman, co-founder konsultan inovasi ColorJar sekaligus kontributor majalah Inc., akan lebih baik bila Anda memusatkan semua tenaga dan pikiran Anda untuk satu ide saja. Berikut ini alasan darinya, dikutip dari Inc.:

Suatu hari saya menerima sebuah business plan dari dua orang entrepreneur yang di samping pintar, mereka juga berbakat dan punya passion; formula yang sempurna untuk kesuksesan. Saya mempelajari rencana yang mereka kirim ke saya (OK, hanya PowerPoint). Dan mereka punya satu ide bagus. Cukup menarik untuk dibaca.

Tapi saaat saya sampai ke slide kelima, mereka punya satu ide lain lagi. Dan kemudian, satu lagi ide lain. Tiga ide yang bagus dalam satu rencana. Terdengar seperti tawar-menawar kan? Salah! Karena sebenarnya Anda hanya perlu satu ide saja dari sekian banyak ide yang ada.

Menurut Anda apa akan terjadi ketika Anda mencoba untuk mengerjakan tiga ide sekaligus? Nothing. Hanya ntuk menerapkan satu ide yang baik saja diperlukan segunung kerja keras – perencanaan stratejik, pengembangan produk, menggenjot pemasaran, pembiayaan, administrasi, SDM, dan masih banyak lagi. Menghasilkan profit dari satu ide saja sudah berat. Untuk sukses sebagai seorang entrepreneur, Anda harus menyadari bahwa tidak mudah mengerjakan hal-hal detail. Jangan sampai Anda jatuh ke dalam perangkap mencoba melakukan terlalu banyak hal, seperti banyak pengusaha lainnya.

Sebaliknya, Anda hanya perlu menjadi yang terbaik pada satu hal yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan Anda. Fokus pada bagaimana satu hal yang merupakan kemampuan / produk terbaik Anda dapat memberikan nilai bagi pelanggan Anda. Jadilah sesuatu yang tak tergantikan bagi pelanggan Anda.

Tapi itu belum semuanya. Saat Anda berencana mendirikan sebuah bisnis, Anda perlu membuat perhitungan hal apa yang bisa membuat Anda menjadi yang terbaik di bidang yang akan Anda terjuni. Setiap kali saya meluncurkan satu bisnis baru, saya akan mengambil pensil dan selembar kertas dan menuliskan daftar kekuatan dan kelebihan yang membuat saya pantas untuk menang di pasar yang akan saya masuki. Apakah saya punya keahlian yang unik? Pengalaman yang dalam? Koneksi yang kuat di industry tersebut? Teknologi yang bisa dipatenkan? Bila Anda tidak punya seperangkat aset yang bisa menempatkan Anda berada di depan competitor Anda, mungkin Anda harus menemukan ide lain yang bisa Anda menangi.

Di ColorJar, perusahaan konsultan inovasi milik saya, saya menyebutnya “menemukan golden purpose (tujuan utama) Anda.” Yakni, alasan mengapa Anda dan perusahaan Anda eksis. Satu hal yang bisa Anda lakukan dengan sangat baiknya sehingga membuat orang lain mengenali Anda karenanya. Pusatkan fokus Anda hanya untuk menjadi pemimpin dalam produk dan layanan tersebut, dan sisanya akan mengikuti.

Kemudian, setelah orang percaya dan yakin pada diri dan kemampuan Anda, mereka akan mendatangi Anda untuk meminta lebih banyak lagi. Amazon hanya menjual buku pada awalnya, tapi lalu mereka menjadi penjual buku terbaik di planet ini. Setelah pelanggan merasa nyaman dengan Amazon dan senang membeli buku di situsnya, mereka mulai meminta Amazon untuk melakukan lebih. Dan hari ini, Amazon menjual ribuan produk. Tetapi mereka memulainya dengan menjadi yang terbaik pada satu hal.

Entrepreneur sekarang ini cenderung melihat bahwa perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang menjual banyak produk atau menawarkan bermacam layanan, mereka tidak tahu bahwa perusahaan-perusahaan tersebut pada awalnya tidak seperti itu. Perusahaan-perusahaan ini meningkatkan kredibilitasnya dengan menjadi yang terbaik pada satu hal yang mereka kuasai. Google diciptakan hanya untuk menjadi search engine sederhana. Zappos dulunya hanya penjual sepatu online. Richard Branson mendirikan Virgin Records; baru kemudian ia menjadi maskapai penerbangan, resor, layanan mobile, dan bahkan program penerbangan luar angkasa komersial. Perusahaan-perusahaan ini membuktikan kemampuan mereka di mata pelanggan telabih dahulu dengan menjadi jawara di bidang mereka. Mereka mengibarkan bendera mereka tinggi-tinggi di satu area keahlian yang spesifik yang telah mereka miliki sebelum mereka menjalankan satu atau dua ide lainnya. Itulah yang membukakan pintu menuju masa depan.

Jadi temukanlah satu masalah untuk dipecahkan, ambil pensil Anda, dan buat daftar aset yang Anda miliki. Temukan “golden purpose” Anda. Kesampingkan dulu semua ide brilian lainnya. Dan menjadi yang terbaik di bidang Anda. Sisanya akan mengikuti.

Sumber: Inc.

3 thoughts on “Lakukan Satu Hal, Lakukan Lebih Baik Dari Siapapun!

  1. Apakah blog bisnisnesia ini memberikan kesempatan untuk menjadi kontributor blog. Jika boleh saya ingin sekali menjadi kontributor bagi blog ini. Blog saya banyak sekali menulis mengenai aspek bisnis khususnya pada aspek good corporate governance dan komunikasi pemasaran. Selain itu saya juga sering menulis artikel motivasi dan inspirasi. Saya tidak memintakan fee. Bagi saya blog Bisnisnesia ini akan menjadi partner yang baik untuk menyebarluaskan mengenai pentingnya GCG yang baik (tidak hanya untuk perusahaan besar saja, tetapi juga untuk startup) serta pentingnya komunikasi pemasaran. Dan kalau setuju tulisan yang saya tulis di bisnisnesia juga tetap dapat ditulis di blog saya.

    Mohon bisa dipertimbangkan. Terimakasih banyak sebelumnya.

  2. Wow, amazing😀 boleh minta email Anda mas Fakhrurroji? Ingin berdiskusi lebih dalam… Soalnya saya tidak tau apa artinya menjadi kontributor dan kewajiban saya pada mas Fakhrurroi seperti apa..

  3. fakhrurroji@gmail.com

    Dengan saya menjadi kontributor, berarti tulisan saya dimuat di blog bisnisnesia ini. Kewajibannya hampir tidak ada, karena saya tidak minta fee apapun. Untuk ketentuan penulisan pun saya menyesuaikan dengan ketentuan yang ada di blog bisnisnesia ini. Artinya, tema, dan gaya bahasa serta pendekatan dalam penulisan bisa diarahkan sesuai dengan bisnisnesia, yang tentunya tidak jauh-jauh dari bisnis dan dunia usaha. Saya akan sangat senang sekali bila bisa menjadi kontributor untuk blog bisnisnesia ini.

Leave a Reply

