Mewujudkan Ide: Saat Ragu Melanda, Lakukan 3 Hal Ini!

foto: sangriasolysiesta.blogspot.com
foto: sangriasolysiesta.blogspot.com

Anda menyimpan keinginan untuk mewujudkan sebuah ide besar, namun di satu sisi bayang-bayang kegagalan dan pengalaman buruk di masa lalu masih menghantui Anda. Bila Anda membiarkan keraguan menguasai Anda, ide Anda tidak akan pernah terwujud. Lakukan 3 hal ini untuk mengatasi keraguan pada diri Anda!

Kara Goldin, founder dan CEO dari Hint Water, brand minuman ringan dengan pertumbuhan tercepat di USA, adalah salah satu dari sedikit orang yang mampu mengatasi keraguan pada dirinya hingga ia mampu mewujudkan mimpinya. Keraguan seringkali kita pelihara tanpa kita sadari. Berikut ini 3 tips dari Kara Goldin untuk mengatasinya, dikutip dari linkedin:

I’m Not Good At That

Beberapa waktu yang lalu seorang entrepreneur bercerita kepada saya tentang permasalahan keuangan di perusahaannya. Ia mengatakan, untuk urusan penggalangan modal ia payah sekali. Saya menjawab: “Memangnya kapan sih kamu bisa jadi ahlinya?”

Itulah saran terbaik yang saya miliki untuk entrepreneur lain: Anda harus menemukan cara untuk menguasai banyak hal. Jika Anda adalah seorang pengusaha yang ingin mengeksekusi sebuah ide bisnis, Anda harus belajar bagaimana caranya membiayai operasi bisnis Anda, bagaimana cara meluncurkan produk, bagaimana cara meningkatkan penjualan, bagaimana cara membangun sebuah tim, dan banyak hal lainnya. Setiap orang punya mimpi dan passion, tapi pada akhirnya semuanya akan bermuara pada bagaimana cara Anda mampu mengeksekusinya.

Saya adalah seorang lulusan jurusan komunikasi yang lama bekerja di perusahaan media dan teknologi di bidang pemasaran produk. Sebelum mendirikan Hint saya belum pernah memiliki bisnis sendiri. Urusan keuangan bagaikan sebuah lubang besar yang gelap bagi saya. Saya tisak punya latar belakang pendidikan keuangan. Saya tidak tahu bagaimana cara kerja di bidang tersebut. Yang saya tahu adalah: Untuk membesarkan bisnis saya, saya harus meluangkan waktu untuk memahaminya.

1. Enyahkan Perfeksionisme. Just Do It.

Di zaman di mana segala sesuatu bisa di-Googling ini, seharusnya kepercayaan diri bukan masalah besar lagi. Anda bisa menemukan segala sesuatu di sana, dan kembangkan perbendaharaan keahlian dan kosakata baru Anda. Anda bisa menguasai segala hal yang Anda butuhkan untuk mewujudkan ide Anda. Walaupun banyak hal-hal baru di luar sana, namun mereka tidak berbeda dengan masalah-masalah lainnya – Anda hanya perlu mengalokasikan waktu untuk memahami hal yang tidak Anda pahami dan memecahkannya selangkah demi selangkah.

2. Lepaskan Diri Dari Belenggu Pikiran dan Kenangan Buruk.

Pola pikir itu sangat penting. Membiarkan pikiran Anda berkubang dalam perasaan bahwa Anda kurang bagus pada suatu hal tertentu adalah hal yang tidak ada gunanya. Semua orang memiliki masalah yang sama.

Memberikan pemakluman atas segala hal yang tidak tercapai memang mudah. “Saya tidak pandai memilih orang,” “Saya payah kalau urusan menurunkan berat badan,” dan bermacam bentuk pemakluman lainnya. Orang lebih banyak tenggelam dalam kekurangan mereka ketimbang menghargai prestasi-prestasi yang pernah mereka capai dalam hidup mereka. Semua orang mengalaminya.

Lihatlah masalah ini sebagai tantangan yang mampu Anda atasi. Semua pemikiran “Saya tidak pandai …” atau “Saya tidak pernah bisa …” hanyalah omong kosong. Bila pikiran-pikiran ini menghadang Anda dalam perjalanan mencapai tujuan Anda, maka Anda harus cepat-cepat mengubah pikiran-pikiran tersebut menjadi pikiran yang positif.

3. Gunakan Networking Anda. Dengan Bijak.

Saat Anda menemukan sesuatu yang tidak Anda mengerti, pada saat itulah Anda menemukan tempat di mana Anda harus fokus. Cari orang yang bisa membantu Anda memahami atau menguasainya. Saat mendirikan Hint, saya memiliki jaringan relasi orang-orang yang bekerja di berbagai macam bidang yang bisa menjelaskan banyak hal kepada saya. Ketika saya tidak bisa memahami suatu ide dan bagaimana implementasinya pada bisnis saya, saya bisa bertanya kepada mereka. Dan saya juga belajar bahwa saya harus bisa membingkai pertanyaan sebaik dan setepat mungkin.

Yang Anda perlukan hanyalah menceburkan diri Anda, sambil terus belajar di sepanjang perjalanan Anda. Itulah saran saya untuk teman-teman saya sesama entrepreneur. Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan yang unik. Anda punya potensi untuk melakukan hal-hal luar biasa yang mungkin sulit dilakukan orang lain, dan bila telah tiba waktunya, tugas pertama Anda adalah mengisi gap kemampuan Anda.

Leave a Reply

