Tipe Entrepreneur Seperti Apa Anda?

Foto: kirkyllla.deviantart.com
Foto: kirkyllla.deviantart.com

Semua entrepreneur punya kesamaan: mereka adalah pembangun. Walaupun begitu, tidak setiap entrepreneur punya cara belajar yang sama. Oleh karena itu, sebelum mendirikan bisnis, penting bagi Anda untuk mengenali diri Anda. Lebih tepatnya: mengetahui jenis entrepreneur seperti apa Anda. Agar Anda tidak memilih jalan yang salah.

Pada fase ini, Kara Goldin, founder dan CEO Hint Water, brand minuman ringan ternama USA, membedakan entrepreneur ke dalam 2 jenis: entrepreneur yang mau masuk ke bidang yang baru dan menjadi seorang pelajar lagi, dan entrepreneur yang bermain dengan kelebihan dan keahlian yang sangat dikuasainya.

Mengenali diri sendiri membantu Anda untuk menentukan cara yang paling tepat untuk Anda dalam membangun usaha. Simak penuturan Kara Goldin berikut ini tentang mengapa Anda harus mengenali diri Anda sebelum Anda terjun menjadi entrepreneur:

Saya memilih jalan untuk menjadi pelajar lagi. Aku menyeberang dari dunia IT ke dunia produk konsumsi, lebih tepatnya minuman. Keputusan tersebut adalah lompatan yang besar. Saya tidak tahu apapun tentang industri ini. Saya harus belajar semuanya dari awal, dan saya sangat antusias dengan hal itu. Saya bertemu dengan banyak pengusaha yang terkesan dan kagum dengan keputusan saya untuk memulai dari awal.

Anda pun juga bisa melakukannya bila Anda mau, apapun bidang yang ingin Anda masuki. Karena modal yang dibutuhkan sama saja. Yang penting Anda bersedia kembali turun ke bawah dan belajar lagi.

Ada orang yang ingin meneruskan jalur karir mereka sebelumnya – tetap di jalur atau produk yang sama – melanjutkan perjalanan menapaki tangga di bidang itu. Bagi mereka, melakukan sesuatu yang punya kontinuitas dengan yang mereka lakukan sebelumnya adalah pilihan terbaik.

Namun ada juga entrepreneur yang ingin mengubah arah perjalanannya dan sepenuhnya beralih industri. Memasuki dunia yang baru. Belajar. Entah itu keputusan yang benar atau tidak, tapi saya pikir mereka punya pola pikir yang berbeda.

Bila Anda sedang berada di tepi batas dan ragu untuk melompat ke dunia yang baru, ada beberapa perspektif yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan:

Melihat “perpindahan jalur” sebagai sekolah bisnis.

Saat mendirikan Hint, saya menyadari bahwa saya ingin belajar. Aku memutuskan ingin kembali belajar bisnis di kampus ataumelakukan sesuatu yang sama sekali berbeda. Saya tidak siap untuk kembali ke tempat yang pernah saya tinggalkan atau memulai hari-hari chapter kedua saya di AOL.

Saya masih bersemangat untuk belajar. Perasaan tersebut membuat saya tahu bahwa saya memilih jalan yang tepat.

Persiapkan diri Anda untuk menyingsingkan lengan baju.

Begitu pindah ke bisnis minuman, saya harus terjun langsung dan menyingsingkan lengan baju saya dan menngangkat-angkat peti-peti minuman – dalam arti yang sebenarnya. Itu jelas bukan pekerjaan yang pernah saya lakukan semasa masih menjadi top executive di dunia IT. Perspektif ini selain tidak hanya mempersiapkan kerelaan Anda saja, namun juga akan mempersiapkan semangat Anda untuk menyingsingkan lengan baju Anda lagi, di segala situasi.

Leave a Reply

