Kreatif! Menjual Kopi Dengan Membuat Orang Mengantuk

yawning billboardBaru-baru ini di bawah jalanan kota Sao Paulo, tepatnya di dalam stasiun kereta bawah tanahnya, sedang dijangkiti wabah yang aneh, yakni wabah menguap. Rupanya wabah menguap tersebut disebabkan oleh sebuah billboard. Tak lama setelah menguap mereka akan mendapatkan secangkir kopi gratis. Seperti apa dan siapa dalangnya trik pemasaran yang out of the box ini?

yawning billboard 2Sebagaimana dilansir oleh PSFK, rupanya dalang di balik billboard ini adalah sebuah brand kopi Café Pele dan biro periklanan Lew’Lara/TBWA. Bukan sembarang billboard, ini adalah Contagious Billboard. Ia punya efek menular. Hampir setiap orang yang melewatinya akan menguap. Bagaimana bisa?

Di dalam billboard tersebut terpasang sebuah sensor gerak yang tersembunyi. Dengan sensor tersebut billboard tersebut akan mengetahui kapan dan berapa banyak orang melintas di depannya. Lalu pria yang ada di layar billboard tersebut akan menguap, sehingga memicu sebuah serangan menguap massal di antara para penumpang kereta bawah tanah.

Semakin banyak orang yang melintas, semakin banyak billboard ini menguap, dan semakin para pelintas tersebut membutuhkan pertolongan kafein.

yawning billboard 3Setelah beberapa kali menguap, pria di billboard tersebut akan berkata, “Anda menguap juga? Waktunya minum kopi!:

Tak lama kemudian tim pemasaran Café Pele akan muncul dengan membawa beberapa cangkir kopi dalam sebuah nampan, membagikan kopi-kopi tersebut kepada siapapun yang membutuhkannya. Bagi Anda yang tidak menyukai kopi, taktik ini mungkin akan terasa sedikit kasar.

yawning billboard 4Penggunaan gambar bergerak berupa orang menguap memang sangat eye-catching, namun dampak yang diakibatkannya kepada para pelintas lah yang membuatnya layak untuk dinobatkan sebagai terobosan pemasaran yang inovatif. Ia menjembatani lingkungan fisik dan digital, membawa orang kepada sebuah multi-sensory brand experience.

Marketing 101 mengatakan bahwa para pembuat iklan harus mampu menciptakan sebuah kebutuhan terhadap produk yang diiklankannya dan kemudian mendemonstrasikan bagaimana produk tersebut memenuhi kebutuhan tersebut. Dan Contagious billboard mampu mendemonstrasikan bagaimana prinsip dasar ini dapat diimplementasikan dengan menggunakan interaksi fisik dan teknologi dalam sebuah cara yang terpadu.

Saking uniknya metode ini, hingga State University tertarik untuk menjadikannya sebagai objek penelitian sosial. Tercatat 70% orang akan menguap bila mereka melihat orang lain menguap. Menarik bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s