Seth Godin: Kesalahan Terbesar Yang Dilakukan Oleh Bisnis-Bisnis Kecil

 

Foto: fotocommunity.com
Foto: fotocommunity.com

Pebisnis dan ahli pemasaran ternama Amerika, Seth Godin, melihat adanya kesalahan prinsip yang dilakukan oleh bisnis-bisnis kecil karena berusaha meniru apa yang dilakukan oleh para industri besar. Apa saja itu?

Dalam sebuah sesi wawancara dengan majalah Inc., ia menyatakan pandangannya yang tajam dan tak terukur nilainya mengenai faktor-faktor yang menentukan gagal atau berhasilnya sebuah bisnis kecil.

Menurutnya, bisnis kecil dan industri besar bagaikan dua kutub magnet yang sangat berbeda, walaupun mereka punya tujuan yang sama: menarik konsumen. Meniru cara mereka berbisnis berisiko melemparkan bisnis Anda ke dalam jurang kegagalan yang dalam. Ia mendorong bisnis kecil untuk lebih berani melakukan kebalikan dari yang dilakukan oleh para industri besar.

Berikut ini cuplikan wawancaranya, dikutip dari Inc.:

Kesalahan apa yang paling sering dilakukan bisnis-bisnis kecil dalam melakukan pemasaran?

Mereka terlalu berharap pada segmen pasar massal (populasi umum) dibanding mengejar segmen pasar mikro (yang spesifik dan kecil populasinya). Mereka mengejar pasar masal karena merasa kemungkinan gagalnya lebih kecil. Padahal sebenarnya selalu ada sekelompok kecil orang di luar radar Anda yang bisa Anda garap.

Mereka adalah kelompok yang kecil, berisikan orang-orang aneh dan penuh hasrat yang punya kemampuan untuk membesarkan atau menghancurkan bisnis Anda.

Seperti apa komposisi yang tepat untuk social networking?

Sedikit komentar, banyak kontribusi, tanpa retweet. Orang-orang ingin melihat Anda sebagai orang yang peduli, bukan Dan Rather.

Mengapa kebanyakan pesan marketing pada bisnis kecil terlihat begitu kacau?

Karena marketing adalah peninggalan jaman industri, dan zaman industri mengutamakan hal-hal tentang berat, volume, dan produk rata-rata untuk orang rata-rata, serta produksi dalam jumlah besar. Tentu bisa dipahami, ketika Anda punya lini perakitan di perusahaan Anda, Anda akan memilih bermain aman.

Bagaimana caranya supaya marketing dan sales bisa lebih efektif ketika bekerja bersama-sama?

Simpul Gordian akan lenyap ketika marketing berkomitmen untuk membuat produk hebat yang mudah dijual orang-orang sales.

Kenapa jawaban Anda singkat-singkat?

Bila saya tidak sekeras ini dalam mempelajari mereka, jawaban saya mungkin akan panjang-panjang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s